Tentang Root Android


Fungsi root android adalah untuk memberi hak penuh kepada pengguna android untuk dapat masuk ke sistem android. Dengan melakukan root, pengguna dapat menambah, mengurangi maupun memodifikasi file-file atau data-data yang terletak pada sistem android yang bila dalam keadaan standar (belum root) file-file tersebut tidak dapat di akses. Bila dianalogikan sistem operasi komputer Windows, fungsi root android adalah memberikan hak administrator kepada pengguna.
Dengan melakukan root android tidak langsung menaikkan performa atau kemampuan ponsel Android. Rooting android ibarat kita membuka pintu untuk mengembangkan android tersebut.
Pada android, root tidak diberikan kepada semua pengguna android (bisa dikatakan dikunci oleh vendor), hal ini untuk mencegah pengguna biasa atau pemula seperti saya melakukan perubahan konfigurasi yang sangat penting yang dapat mengakibatkan hal-hal yang tidak diinginkan (hang, bootlop), sementara pengguna tersebut tidak bisa mengembalikan pada konfigurasi semula.

Untuk aplikasi tertentu membutuhkan hak akses pengguna dengan level tertinggi (root) untuk masuk ke sistem, oleh sebab itu biasanya android perlu di root terlebih dahulu.
Demikian juga halnya untuk pengguna ahli, root diperlukan untuk melakukan konfigurasi tertentu yang diinginkan.
Sebagian teman saya ada yang bertanya, "android kalau di root, apa tampilannya bisa bagus?", "kalau sudah di root, bisa instal aplikasi yang banyak ya?", "eh, kalau sudah di root, hp tidak lemot lagi?". Mungkin teman-teman juga sering mendengar atau mengalami hal yang sama, tentang root android, dimana banyak anggapan yang salah tentang fungsi dari root android.

Apakah ponsel cerdas android perlu di root? Itu kembali kepada pengguna masing-masing. Jika dengan kondisi bawaan pabrik, kebutuhan pengguna sudah terpenuhi, maka tidak perlu dilakukan. Tapi jika pengguna ingin perubahan dan modifikasi di luar konfigurasi pabrik, maka root mutlak diperlukan.

smile :( ;) ;;-) :-/ :x smile :-* =(( :-O X( :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) :| /:) =)) O:-) :-B =; :-c :)] ~X( :-h :-t 8-7 I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8-} 2:-P (:| =P~ #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P 2):) X_X :!! \m/ :-q :-bd ^#(^ :ar!

Poskan Komentar