Overclocking Android



Overclock ponsel pintar android adalah dimana kemampuan prosesor android di paksa melakukan kinerja di atas kemampuan bawaannya.  Perangkat akan bekerja lebih cepat, diimbangi dengan pemakaian daya (baterai) yang lebih besar (boros). Banyak kerugian yang didapat dibanding kelebihan dalam melakukan overclock. Saya pernah mencoba dan hasil yang didapat tidak sesuai dengan harapan.

Suhu ponsel menjadi tinggi (panas), sering terjadi error, softbrick dan lainnya, karena ada "pemaksaan kinerja" sehingga terjadi ketidakstabilan. Ada juga yang beranggapan, dengan overclock android, bisa memainkan game-game dengan resolusi HD, mempercepat proses buka tutup aplikasi, perpindahan layar lebih halus dan lainnya. Menurut saya, overclock tidak menjamin ponsel bisa menjalankan game HD dengan lancar.

Banyak faktor yang mempengaruhi ponsel cerdas android bisa menjalankan game HD selain prosesor, seperti RAM, GPU, resolusi layar, besarnya ruang penyimpanan game, dan lainnya.  Jadi bagi yang ingin bermain overclock, pertimbangkan dahulu kerugiannya sebelum melakukannya. Kecuali kalau kamu sudah pengalaman dan bisa menerima resikonya dengan tenang dan damai 
Mengapa TIDAK untuk overclock ponsel cerdas android?

Garansi: Setelah kamu melakukan proses overclock, garansi tidak akan berlaku (di hampir semua kasus). Pastikan kamu membaca syarat dan kondisi garansi yang diberikan oleh produsen (atau penjual) untuk memastikan kamutidak melanggarnya. Namun, saya sendiri belum pernah melihat peraturan garansi, "kami akan senang untuk menggantikan produk tidak peduli bagaimana kamu merusaknya." 

Masalah Umum: Ada beberapa masalah umum, yang dialami pengguna overclock. Nah, itu sebabnya produsen atau pabrikan tidak memberikan overclock pada perangkatnya. Ponsel kamu mungkin akan panas seperti setrika untuk beberapa waktu, atau mungkin menyedot baterai lebih, untuk bekerja pada tingkat overclock. Baterai sudah menjadi masalah kekhawatiran bagi pengguna android, pastikan kamu siap menghadapinya.

Resiko: Jangan pernah berpikir, jika ponsel kamu sudah tidak garansi, kamu tidak akan rugi jika rusak. Mungkin bagi yang punya dana lebih, hal ini bukan masalah. Lain halnya seperti saya, yang hanya punya satu ponsel android. Seandainya rusak, maka sudah pasti mengganggu kesinambungan dalam hidup (halaahh).

Sering Terjadi Gangguan: Pengguna overclock harus benar-benar tahu, di angka berapa ponsel mereka dapat berjalan stabil. Tidak ada perhitungan pasti, karena semua berdasar trial and error. Jika pada saat overclock berada pada posisi yang tidak tepat, bersiaplah menghadapi crash, freeze, hang, yang akan membuat kamu semangat mencari solusi di google

 

3 comments

http://longorism.blogspot.com/2013/07/overclocking-android.html

Reply
smile :( ;) ;;-) :-/ :x smile :-* =(( :-O X( :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) :| /:) =)) O:-) :-B =; :-c :)] ~X( :-h :-t 8-7 I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8-} 2:-P (:| =P~ #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P 2):) X_X :!! \m/ :-q :-bd ^#(^ :ar!

Poskan Komentar